BIBIT KELAPA HIBRIDA CEPAT BERBUAH

Bibit kelapa hibrida adalah tanaman unggul yang mempunyai ciri-ciri pohon kelapa berbuah pendek.
Bibit Kelapa Hibrida Cepat Brbuah

Bibit kelapa hibrida adalah tanaman unggul yang mempunyai ciri-ciri pohon kelapa berbuah pendek. Hampir seluruh bagian pohon kelapa hibrida dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia.

Keunggulan tanaman kelapa hibrida adalah tanaman yang biasa berbuah pada umur 4-5 tahun dari penanaman. Kelapa hibrida memiliki ukuran buah yang cukup besar dan berisi.

Daging kelapa yang tebal sehingga berat di timbangan. Selain itu, kelapa hibrida banyak mengandung minyak dan santan yang bagus untuk keperluan masakan.

Produktivitas kelapa hibrida di mulai sejak tahun ke lima pasca penanaman. Pada saat ini, kelapa penanaman kebun hibrida banyak di temukan di Kalimantan, Sumatra dan NTB. Di daerah pulau Jawa, sebagian di Kebumen, Banjarnegara, Banyumas, dan Yogyakarta.

Pembuatan Bibit Kelapa Hibrida

Pohon kelapa hibrida yang bagus untuk induk benih adalah berumur 20-40 tahun, produksi tinggi (80-120 butir/pohon/tahun) terus menerus dengan kadar kopra tinggi (25 kg/pohon/tahun),

Kondisi batang pohon kelapa hibrida kuat dan lurus dengan mahkota berbentuk sperical (berbentuk bola) atau semisperikal, daun dan tangkainya kuat, bebas dari gangguan hama dan penyakit.

Ciri- ciri kelapa hibrida yang matang untuk benih, yaitu umur ± 12 bulan, 4/5 bagian kulit berwarna coklat, bentuk bulat dan agak lonjong, sabut tidak luka, tidak mengandung hama penyakit. Panjang ukruan buah 22-25 cm, lebar buah 17-22 cm, kulit buah mengkilap dan mulus, air buah cukup, apabila digoncang terdengar suara kocak nyaring.

Seksi penting pada pemilihan benih sesuai persyaratan, istirahatkan benih selama ± 1 bulan dalam gudang dengan kondisi udara segar dan kering, tidak langsung terkena sinar matahari dan suhu udara dalam gudang 25-27 derajat C dan dilakukan dengan menumpuk buah secara piramidal tunggal setinggi 1 meter dan diamati secara rutin.

SYARAT TUMBUH BIBIT KELAPA

Sifat fisik yang ada pada Tanah untuk menanam bibit kelapa ini adalah sebagai berikut:: Struktur tanah baik, Drainase dan aerasi baik,     Permukaan air tanah dalam minimal 1 meter, Keadaan air tanah bergerak, Kemampuan tanah menahan air cukup.

Kelapa hibrida tumbuh baik pada daerah dengan curah hujan antara 1300-2300 mm/tahun, bahkan sampai 3800 mm atau lebih, sepanjang tanah mempunyai drainase yang baik.

Akan tetapi distribusi curah hujan, kemampuan tanah untuk menahan air hujan serta kedalaman air tanah, lebih penting daripada jumlah curah hujan sepanjang tahun.

Angin berperan penting pada penyerbukan bunga (untuk penyerbukannya bersilang) dan transpirasi tanaman. Kelapa menyukai sinar matahari dengan lama penyinaran minimum 120 jam/bulan sebagai sumber energi fotosintesis. Bila dinaungi, pertumbuhan tanaman muda dan buah akan terlambat.

Kelapa sangat peka pada suhu rendah dan tumbuh paling baik pada suhu 20-27 derajat C. Pada suhu 15 derajat C, akan terjadi perubahan fisiologis dan morfologis tanaman kelapa.

Kelapa Genjah hibrida akan tumbuh dengan baik pada rH bulanan rata-rata 70-80% minimum 65%. Bila rH udara sangat rendah, evapotranspirasi tinggi, tanaman kekeringan buah jatuh lebih awal (sebelum masak), tetapi bila rH terlalu tinggi menimbulkan hama dan penyakit

Tanaman kelapa hibrida Mudah Tumbuh

Tanaman kelapa ini bisa tumbuh pada berbagai jenis tanah seperti aluvial, laterit, vulkanis, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu, tetapi paling baik pada endapan aluvial. Kelapa dapat tumbuh subur pada pH 5-8, optimum pada pH 5.5-6,5.

Pada tanah dengan pH diatas 7.5 dan tidak terdapat keseimbangan unsur hara, sering menunjukkan gejala-gejala defisiensi besi dan mangan.

Kelapa membutuhkan air tanah pada kondisi tersedia yaitu bila kandungan air tanah sama dengan laju evapotranspirasirasi atau bila persediaan air ditambah curah hujan selama 1 bulan lebih besar atau sama dengan potensi evapotranspirasi, maka air tanah cukup tersedia.

Keseimbangan air tanah dipengaruhi oleh sifat fisik tanah terutama kandungan bahan organik dan keadaan penutup tanah. Jeluk atau kedalaman tanah yang dikehendaki minimal 80-100 cm.

Tanaman kelapa membutuhkan lahan yang datar (0-3%). Pada lahan yang tingkat kemiringannya tinggi (3-50%) harus dibuat teras untuk mencegah kerusakan tanah akibat erosi, mempertahankan kesuburan tanah dan memperbaiki tanah yang mengalami erasi.

Tanaman kelapa hibrida unggul tumbuh baik didaerah dataran rendah dengan Ketinggian yang optimal 0-450 m dpl. Pada ketinggian 450-1000 m dpl waktu berbuah terlambat, produksi sedikit dan kadar minyaknya rendah

Jual Bibit Kelapa Hibrida Unggul

Demikian Penjelasan tetang proses pembuatan bibit kelapa hibrida hingga gambaran penanamannya. Kami menjual bibit kelapa hibrida siap tanam di daerah Istimewa Yogyakarta.

Bibit kelapa Bisa dipesan secara online, pengiriman melalui mitra jasa kirim professional. Silahkan hubungi kontak kami, WA 0857 4775 57565.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *