MENGATASI PENYAKIT JAMUR PADA BIBIT PISANG CAVENDISH

Agar bibit pisang cavendish aman dari penyakit jamur

Bibit Pisang Cavendish merupakan tanaman buah tropis yang buahnya cantik dan sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bila tanaman pisang Cavendish ANda tekena penyakit tumbuhan, begini cara mengatasinya

Pisang Cavendish ini kerap disajikan di meja makan sebagai buah pencuci mulut yang manis dan lezat. Tak hanya itu, pisang Cavendish juga bisa diolah menjadi berbagai makanan ringan yang bervariasi seperti keripik, tepung pisang sehingga meningkatkan nilai jual di pasaran.

Ketika pisang Cavendish mulai populer, banyak orang mulai budidaya karena tidak membutuhkan perawatan khusus dan cukup mudah.

Namun, bila ada serangan penyakit, maka berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengatasi penyakit pada bibit pisang Cavendish ini.

Mengenali penyakit pada bibit pisang cavendish

Di balik pembudidayaannya yang cukup mudah tersebut, bibit pisang Cavendish juga bisa diserang penyakit. Tidak dapat dipungkiri bahwa kerap kali kita temui pisang Cavendish yang memiliki bintik-bintik hitam pada pelepah, dan pada kulitnya yang membuat tampilan pisang menjadi kurang menarik. Penyakit yang menyebabkan kerusakan kulit pisang ini disebut Panama Disease.

Menurut catatan, Pada 1992 penyakit ini dibawa oleh Tropical Race 4 (TR4), yaitu subtipe jamur Fusarium yang pertama kali menyasar perkebunan Cavendish di Taiwan. Penyakit panama telah menyebar di seluruh Asia, Afrika, Timur Tengah, Australia dan Amerika Tengah.

Panama Disease atau dalam bahasa Indonesia berarti wabah panama merupakan wabah yang menginfeksi dan merusak tumbuhan bibit pisang Cavendish.

Hama ini berupa jamur yang timbul dari tanah dan dapat bertahan hidup selama puluhan tahun. Meski tidak berbahaya bagi manusia, penyakit jamur ini bisa membuat tanaman bibit pisang cavendish rusak dan mati.

Penyakit sejenis “fungi” ini menginfeksi mulai dari bonggol, pelepah hingga kulit pisang secara merata. Sdanya wabah panama yang membuat kulit buah pisang menjadi bintik-bintik kehitaman, tentu akan menurunkan nilai jual buah pisang itu sendiri.

Hal ini dikarenakan dapat menghilangkan minat karena tampilan buah pisang cavendish menjadi kurang menarik.

Upaya Mengatasi Penyakit pada bibit Pisang Cavendish

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari obat guna menyembuhkan bibit pisang Cavendish dari wabah Panama. Namun, tidak ada cara untuk menghilangkan wabah ini dari tanah dan upaya biosekuriti telah ditargetkan untuk menahan penyebarannya.

Banyak pekebunan pisang Cavendish di luar negeri memilih untuk mematikan tanaman pisang cavendish yang kena penyakit tersebut.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi munculnya wabah panama adalah dengan melakukan beberapa upaya pencegahan, diantaranya dengan memberikan fungisida pada tanah hingga membungkus buah pisang Cavendish dengan plastik saat telah berbuah di pohon.

Upaya ini sedikit banyak dapat meredam perkembangan wabah panama dan mempertahankan kualitas pisang dari tampilan kulitnya itu sendiri.

Nah, demikian seputar informasi penyakit yang menyerang bibit Pisang Cavendish, Agar tanaman buah pisang cavendish aman bisa mempraktikkan cara tersebut untuk mengatasi penyakitnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *