BIBIT KELAPA HIJAU WULUNG OBAT

Tunas bibit kelapa hijau wulung

Kelapa hijau wulung merupakan kelapa unik yang memiliki sabut pink pada kulit buahnya. Bibit Kelapa Hijau Wulung ini mulai banyak diminati masyarakat mulai darai buah hingga bibit tanaman kelapanya. Tidak Hanya di Indonesia, namun juga hingga manca negara.

Kelapa Wulung atau Kelapa Serat Merah oleh masyarakat kita sering dipercaya memiliki khasiat yang ampuh. Misalnya; membantu promil, obat penyakit dalam, seperti mampu meluruhkan batu ginjal dan batu empedu. Di samping itu kelapa wulung juga kerap dipakai untuk keperluan mistis, menolak sihir dan mengusir jin yang seringkali menganggu manusia.

Secara Ilmiah pohon Kelapa digolongkan pada 2 kategori, yaitu Kelapa Tinggi (Tall variety) dan jenis Kelapa pendek (Dwarf Variety). Di samping itu, penelitian juga menyebut kelapa dapat dikategorikan mengikuti warna, yaitu Kelapa Hijau (Cocos nucifera veridis), Kelapa Merah (Cocos nucifera rubescens) dan juga jenis Kelapa Kuning (Cocos nucifera eburens).

Kelapa Wulung atau Red Coconut yang bersabut warna merah ini dapat dikatakan berasal dari varietas kelapa merah (Cocos nucifera var rubescens). Kelapa Wulung ini unik dan cukup jarang ditemukan. Di sejumlah wilayah Jawa yang mana jumlah pohon kelapa ada jutaan pohon, tidak mudah untuk dapat menjumpai pohon kelapa hijau asli.

Berbeda dengan Buah Kelapa hijau biasa yang memang mudah dijumpai, dimana umumnya ia mempunyai pohon yang tinggi dan buah yang kulitnya berwarna hijau semuanya.

Buah kelapa hijau wulung jenis dalam memiliki ukuran besar. Kelapa ini biasanya tidak lepas sebagai bahan dalam masakkan kita. Konon, airnya juga berkhasiat sebagai bahan obat tradisional, seperti: penawar racun, mencegah mual dan muntah-muntah, serta juga sakit kepala

Kelapa hijau wulung asli berbeda dengan kelapa biasa. perbedaan tersebut bisa dikenali dengan cara tertentu. Berikut ini tips megenali kelapa wulung yang asli.

Perbedaan pada Pohon kelapa hijau asli

  1. Pohon kelapa ijo asli terdapat akar yang berwana merah muda.
  2. Ciri lainnya yaitu terdapat warna pink pada pangkal tunas kelapa, atau di pangkal dahan kelapa
  3. Jika kelapa sudah keluar tunas, tapi belum keluar akar, maka boleh dibuka seratbutnya. Karena bisa jadi sabutnya tebal sehingga akarnya masih belum muncul keluar tetapi sudah tumbuh di dalam sabut.

Harap diperhatikan, pada pohon kelapa ijo indukan, semua buah kelapa ijo tua yang hendak dijadikan bibit penyemaian, maka tidak semua kelapa tersebut akan berwarna pink pada akar atau pangkal pohonnya. Hal ini tidak bisa diketahui kecuali orang yang menlihat langsung pohon dan proses pembibitan kelapa ijo tersebut.

Perbedaan pada Buah kelapa wulung asli

kelapa hijau memiliki ciri yang khas yaitu terletak pada kulit dalam di bagian atas bila di kupas berwarnah merah muda (pink). Kelapa bewarna hijau bukan berarti jenis kelapa wulung, karena kelapa wulung sendiri tidak mesti warna kulinya hijau. Ada beberapa jenis yang tergolong kelapa wulung namun warna kulitnya coklat, orange, atau campuran hijau dan coklat.


Yang paten, bila dipeges, warna sabut kelapanya pink. Itu baru yang disebut kelapa wulung. (lihat gamabr di atas). Nah setelah kita mengetahui ciri ciri kelapa hijau asli semoga para pecinta kelapa kedepanya tidak lagi salah memilih kelapa hijau asli. Kelapa hijau wulung asli benar-benar mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh.

Pembibitan Kelapa hijau wulung dan penanaman yang tepat

Pembibitan kelapa hijau asli dengan cara menyediakan tanah dan pasir dengan perbandingan 2:1. Tanah yang dipakai harus subur dan pasir yang digunakan adalah pasir halus.

Kedua bahan ini lantas dicampur sampai merata,lalu dimasukkan ke dalam polybag. Anda dapat memakai polybag yang berukuran 50 x 40 cm dan mempunyai ketebalan minimal 0,2 mm. Jangan lupa membuat lubang di bawah polybag ini sebagai aliran air.

Penanaman Bibit kelapa ijo asli

Penanaman bibit kelapa hijau wulun asli setelah muncul tunas yaitu diletakan di polybag (variatif) terlebih dahulu dengan tujuan untuk penyemaian. Bisa juga langsung ke tanah yang sudah diolah.

Benih kelapa yang sudah mempunyai tunas dan akar ditanamkan ke dalam media tanam hingga seluruh bagian buahnya tertutup oleh tanah.

Pastikan posisi tunas menghadap tegak ke atas sehingga bisa tumbuh sempurna. Selama masa persemaian berlangsung, benih harus disiram sebanyak 2 kali/hari dan diberikan pupuk kandang.

Setelah itu, pohon kelapa hijau asli akan tumbuh dengan sendirinya. Tinggal perawatan dan pencegahan terhadap serangan penyakit dan hama.

Demikian artikel singkat tentang cirinya kelapa wulung asli. untuk mendapatkan bibit kelapa wulung genjah (kelapa pendek) dengan kualitas unggul dan mudah untuk ditanam. selain itu, ada juga bibit kelapa hijau asli genjah, kelapa unik dengan khasiat sebagai obat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *