CARA MERAWAT POHON PISANG CAVENDISH

perawatan pisang cavendish

Bibit pisang cavendish yang telah ditanam akan menghasilkan Buah Pisang Cavendish yang paling laris dan terkenal di seluruh Indonesia. Tidak heran, pohon pisang ini sering kita jumpai di samping rumah desa – desa masyarakat, di samping jalan, di hutan dan di berbagai tempat lainnya.

Selain tanah Indonesia yang sangat subur untuk pertumbuhan bibit pohon pisang cavendish, cuaca yang ada di sini juga sangat mendukung perkembangan pohon pisang. Tapi, apakah benar itu saja cukup untuk membuat pohon pisang bertumbuh – kembang dengan baik?

Ini dia 5 tips perawatan pohon pisang Cavendish

Persiapan Lahan Tanam Pohon Pisang Cavendish

Lahan seperti apa yang cocok untuk ditanami pohon pisang cavendish? Jawabannya adalah lahan yang subur dan bersih, yakni tidak ada rumput atau alang – alang agar tidak ada yang menghambat pertumbuhan bibit pisang yang akan ditanam. Lalu, buat lubang dengan kuran 60 cm X 60 xm, dengan ketinggian setengah meter dengan jarak antara lubang satu dengan lubang lainnya sekitar 4 sampai 4 meter.

Kenapa harus diberi jarak? Karena jarak tersebut diberikan agar nanti pisang dapat tumbuh dengan baik. Lalu, jangan lupa sebelum bibit ditaruh dalam lubang tersebut, lubang harus terlebih dahulu diberi pupuk kandang sebanyak 2-3 kaleng sekitar 1-2 minggu sebelum penanaman bibit pisang Cavendish.

Penyiapan Bibit Pisang cavendish

Bagi kita yang baru pertama kali menanam pohon pisang cavendish, ada saran untuk menanam bibit yang didapatkan dengan cara mengambil anakan atau tunas pisang Cavendish. Mengapa harus demikian? Karena ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan bibit pohon pisang. Tapi jika kalian tahu cara yang lain, seperti cara mendapatkan bibit dengan mengambil -bit- anakan dari bonggol pisang cavendish, silakan!

Hmmm, kami juga punya cara yang lebih mudah lagi, lho! Caranya adalah membeli bibit pisang Cavendish dari kami! Kami menyediakan bibit pisang Cavendis berkualitas. Kami juga menyediakan jasa konsultasi lebih lanjut untuk membantu kalian merawat kebun.

Lalu untuk penanamannya sebaiknya dilakukan di awal musim penghujan. Sebenarnya, menanam bibit pisang Cavendish di musim kemarau pun tidak apa-apa. Asalkan jangan lupa disiram ya terutama di awal-awal penanaman.

Penjarangan anakan pohon pisang cavendish

Agar dapat menghasilkan pisang yang tumbuh dengan baik, maka sebaiknya hanya menanam 2 sampai 3 batang pisang dalam satu rumpun. Pemotongan batang pisang cavendis sebaiknya dilakukan secara berkala dan menghasilkan berbagai jenis ukuran dan usia anakan yang berbeda dalam satu rumpun.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jarak antar pohon satu dengan lainnya sekitar 3-4 meter. Penjarangan ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga keseimbangan pertumbuhan pohon pisang sehingga tiap-tiap pohon bisa menghasilan tandan/buah yang besar dan kwalitasnya bagus.

Pengerjaan penjarangan umumnya dikerjakan saat ada anakan pohon pisang cavendish yang tumbuh di sekitar pohon pisang yang berumur 4-6 bulan. Lantas pisahkan dan tanam di lubang lain dengan jarak 3-4 meter dari pohon pisang lainnya.

Pemberian Pupuk pada Pohon Pisang Cavendish

Pemupukan adalah hal yang harus dilakukan. Sebulan sesudah satu bulan pohon pisang cavendish ditanam, kasihkan pupuk dengan dosis campuran 250 gram Za, 100 gram DS, dan 150 gram ZK per tanaman. Kasihkan juga pupuk secara terjadwal dengan jangka waktu 3 bulan sekali. Padahal penting semestinya dilihat dan diamati, pemberian pupuk dikerjakan dengan dibenamkan melingkar mengitari pohon.

Pemeliharaan Pohon Pisang Cavendish

Pemeliharaan ini juga menentukan kualitas buah yang akan dipanen nanti. Bersihkan daun yterutama daun kering di sekitar tandan buah pisang. Selain itu, buang buah pisang yang tak tumbuh total, umumnya pada 1-2 sisi terakhir atau terbawah. Dianjurkan tandah atau buah untuk dibungkus dengan kantong plastik ukuran 1 meter x 45 centimeter.

Pembungkusan ini dikerjakan untuk melindungi buah dari kerusakan yang disebabkan serangga atau sebab pergesekan daun. Kemudian, supaya tanaman tak ambruk sebelum panen, pohon bisa disangga dengan bambu atau kayu lainnya. Untuk masa panennya sendiri relatif.

Namun, umumnya pada musim kemarau buah pisang cavendish telah bisa dipanen 80 hari semenjak keluarnya jantung pisang.  pada musim penghujan, 120 hari semenjak keluarnya jantung pisang keluar.

Selain itu, lakukan juga hal – hal sebagai berikut :

  • Pemupukan susulan. Sesudah tanaman pisang sudah berusia 6 bulan, karenanya perlu dikerjakan pemupukan susulan. Hal ini dilaksanakan untuk menambah pasokan faktor hara di dalam tanah. Pakai pupuk kandang ataupun NPK untuk pemupukan susulan.
  • Pengairan. Saat sedang musim hujan, pohon pisang tak perlu disiram rutin. Tapi pada musim kemarau, pohon pisang memerlukan sedikit lebih banyak jumlah air.
  • Penyiangan. Tanaman liar bisa menghalangi pertumbuhan dan perkembangannya pohon pisang. Jadi lakukan observasi pertumbuhan tanaman-tanaman liar dan langsung singkirkan.
  • Pemangkasan. Pohon pisang yang telah tumbuh besar mempunyai daun besar dan lebar yang gampang mengering. Pangkas daun yang mengering dan sisakan daun segarnya. Apabila tak dipangkas, daun kering itu akan mengeluarkan gas yang dapat membikin daun segar lainnya turut mengering.

Nah, demikian cara mudah untuk perawatan pisang Cavendish agar mendapatkan hasil yang maksimal. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *